Kumpulan Resep Masakan Indonesia Praktis

loading...

Tips memilih daging yang berkualitas baik dan halal

Tips memilih daging - Daging adalah salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi. Maka dari itu cara memilih daging yang segar, halal, dan juga aman dikonsumsi amatlah penting. Apa saja yang mesti diperhatikan untuk memilih daging segar dan juga halal? Yuk kita perhatikan beberapa tips dibawah ini .

Tips memilih daging yang berkualitas baik dan halal

A. Perhatikan Warna Daging

Cara ter gampang untuk me-ngetahui kualitas daging adalah dari warnanya.
Daging yang segar dan juga bermutu tentu berlainan dengan daging yang telah busuk.

Daging sapi yang masih fresh berwarna merah dan segar. Selain demikian warna daging juga tidak pucat dan juga tidak kotor.

B. Tekstur Daging

Daging sapi yang segar memiliki tekstur yang terasa kenyal. Tekanlah sedikit daging tersebut, kalau kembali menuju posisi semula berarti daging tersebut masih fresh dan segar.

Perihal ini berlainan dari daging yang busuk dimana daging tersebut akan terasa lembek ketika ditekan.

C. Bau / Aroma

Daging yang segar memiliki aroma yang segar pula ataupun dengan kata yg lain memiliki bau khas “sapi”. Sedangkan daging yang busuk akan menimbulkan bau busuk ataupun asam.

D. Tidak Berair

Kalau bunda mem-beli daging bisa jadi bunda sering menemui cairan berwarna merah mirip darah. Cairan tersebut bukanlah darah melainkan “sari” dari daging tersebut.

E. Cek Sertifikat Halal

Supplier ataupun penjual daging yang halal dan juga profesional tentu mempunyai izin halal dari pihak MUI. Pasti-kan bunda mem-beli daging dari penjual / supplier daging yang mempunyai izin halal.

Cobalah untuk mem-beli daging yang tak berair, sebab kalau berarir maka daging tersebut dipastikan telah berada lumayan lama di udara bebas.

Umumnya daging yang disembelih dengan cara legal alias dipotong dengan tata cara pemotongan bersesuaian syariat Islam ditandai dengan cap berwarna ungu yang ber-asal dari Dinas Peternakan setempat. Maka dari itu belilah daging pada tempat-tempat yang resmi.

Di pasar tradisional contohnya daging sapi ataupun ayam dijual terpisah dari los penjualan daging babi. Sedangkan di swalayan pasti-kan area tersebut tidak menjual daging babi. Sebab walaupun dijual dalam rak terpisah tidak ada jaminan pemisahan juga dilakukan kepada ruangan pendingin dan juga pengunaan peralatan. Tidak boleh segan - segan untuk menanyai kepada pihak swalayan mengenai asal daging dan juga ada tidaknya serifikat halal.

Demikianlah sedikit informasi yang mungkin dapat memberi manfaat buat kita semua dan khusunya buat ibu - ibu yang ingin memasak daging untuk keluarga tercinta, semoga dengan hadirnya informasi ini bisa membantu ibu - ibu dirumah untuk memilih daging yang halal dan higenis. Jika ingin tips menarik lainnya , silahkan dipencet kebawah dan temukan tips yang anda butuhkan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips memilih daging yang berkualitas baik dan halal

2 komentar:

  1. tipsnya oke mbak,, (y) sayangnya aja saya ga pandai masak... taunya sih makan aja :D hehehe,, sejujurnya blog ini membuat saya lapar ... hehehe,, makasih mbak infonya, ditunggu kunjungbaliknya (tanyatedy .com)

    ReplyDelete
  2. maksih kunjungannya mas,,iya silahkan diambil saja resepnya ,,,

    ReplyDelete